Mengenal Apa Itu Visual Basic (VB)

Mengenal Apa Itu Visual Basic (VB) - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu VISUAL BASIC, jika anda anak informatika pastinya sudah tidak asing bagi kalian mendengarkan kata tersebut.

Bahasa Basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan meskipun oleh orang yang awam dalam belajar membuat program. 
Hasil gambar untuk visual basic


Hal ini lebih mudah lagi setelah hadirnya Microsoft Visual Basic, yang dibangun dari ide untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya (simple scripting language) untuk graphic user interface yang dikembangkan dalam sistem operasi Microsoft Windows.

Ini terlihat dari dasar pembuatan dalam visual basic adalah FORM, dimana pengguna dapat mengatur tampilan form kemudian dijalankan dalam script yang sangat mudah.Ledakan pemakaian Visual Basic ditandai dengan kemampuan 

Visual Basic untuk dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi Windows dengan komponen ActiveX Control.

Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau Visual J#

Dalam menu visual basic terdapat komponen-komponen yang tentu saja di perlukan untuk menentukan coding atau syntax yang akan digunakan. karena salah titik atau koma dalam visual basic akan mengakibatkan program sistem debug atau error.

Versi pertama dari Visual Basic .NET adalah Visual Basic .NET 2002 yang dirilis pertama kali pada bulan Februari 2002. dan didesain untuk berjalan di atas Microsoft .NET Framework versi 1.0.

Berikut ini adalah contoh lain dari program Visual Basic yang menggunakan objek CheckBox dan ComboBox untuk menghitung jumlah kredit mata kuliah yang diambil oleh seorang mahasiswa (masing-masing mata kuliah = 3 kredit):

Dim total As Integer
total = 0 ' awal dari jumlah kredit total
If (CheckBox1.Checked = True) Then 'boleh memilih semua checkbox
            total += 3
        End If
        If (CheckBox2.Checked = True) Then
            total = total + 3
        End If
        If (CheckBox3.Checked = True) Then
            total = total + 3
        End If
If (ComboBox1.SelectedIndex = 0) Then 'hanya bisa memilih satu
            total = total + 3
        ElseIf (ComboBox1.SelectedIndex = 1) Then
            total = total + 3
        ElseIf (ComboBox1.SelectedIndex = 2) Then
            total = total + 3 
        End If
Label3.Text = CStr(total) ' hasil kredit total yang diambil

Sekian dari pembahasan kali ini tentang VISUAL BASIC, jika ada pertanyaan silahkan anda berkomentar di kolom komentar yang sudah disediakan. terimakasih

refrensi :  firmadana.wordpress.com
                wikipedia.id

0 Response to "Mengenal Apa Itu Visual Basic (VB)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak & sopan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel