Mengenal Lebih Dekat Tongklek,Apa Itu Tongklek?

Mengenal Lebih Dekat Tongklek,Apa Itu Tongklek - Bagi kalian yang belum mengerti apa itu tongklek, Tongklek adalah sebuah musik tradisional yang berasal dari pohon bambu yang sering kita sebut kentongan alat tongklek bukan berasal dari kentongan saja akan tetapi masyarakat banyak menambahkan alat musik berupa alamat gamelan lainya seperti gambang,gong,dan masih banyak lainya.


Kata TONGKLEK itu sendiri diambil dari bunyi alat musik kentongan, jika dipukul pada bagian tengah tepat disamping lubang maka kentongan akan berbunyi "TONG" dan jika dipukul pada bagian bawah tepatnya di ruas bambu maka kentongan akan berbunyi "KLEK", seni musik tradisional ini sangat populer di daerah kabupaten Tuban provinsi Jawa Timur.

Konon seni musik tradisional tongklek sudah ada sejak zaman wali songo. Mengenai asal daerah dan kapan tahun kemunculan tongklek belum ada keterangan yang valid dan pasti, masih menjadi pembahasan yang kontroversi. Jika kita memperhatikan sejarah wali songo dan melihat langsung di museum peninggalan wali songo, maka kita akan menjumpai berbagai alat musik bersejarah seperti gamelan, gong, gambang, bonang, dan lain sebainya. Termasuk kentongan / patrol yang merupakan asal usul pengambilan nama tongklek. Tidak lain alat musik peninggalan para sunan / wali songo tersebut digunakan sebagai sarana dakwah menyebarkan syariat agama Islam kala itu. Barangkali alat tradisional bersejarah tersebut bisa menjadi bukti keberadaan seni tongklek sudah ada pada zaman wali songo.

Tidak ada sejarah pasti tentang awal kemunculan seni tongklek ini, hal itu tidak lain disebabkan minimnya kepedulian masyarakat terhadap seni ini saat itu, sehingga tidak ada sejarawan yang mencatat dalam buku sejarah. Yang ada hanya informasi dari mulut ke mulut yang diceritakan oleh orang tua kepada anak cucunya. Hal ini tentu sungguh sangat di sayangkan, mengingat tongklek merupakan salah satu seni dan juga tradisi yang wajib kita jaga kelestariannya.

Jika kalian ingin mendengarkan asyik nya musik tongklek datanglah ke kota tuban pada waktu ramadhan tiba, disana kalian akan mendengarkan dan melihat kekompakan pemuda tuban untuk melestarikan budaya kita ini.

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Tongklek,Apa Itu Tongklek?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak & sopan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel